Film Danur vs Dear Nathan, Mana Yang Terbaik?

berbagi |

Baca Juga

Luar biasa, dua film karya anak negeri mendapatkan tanggapan yang begitu hebat dari para pecinta film. Dimulai dari film Danur: I Can See Ghosts yang menjadi film horor yang mendapat sambutan yang begitu meriah, sebuah fenomena yang jarang terjadi karena biasanya para penonton kurang tertarik dengan film horor keluaran anak negeri. Kemudian film Dear Nathan, yang dibintangi oleh Amanda Rawles juga mendapat sambutan meriah berkat penampilan yang begitu romantis Amanda dengan Jefri Nichole. Kalau harus membandingkan antara Film Danur vs Dear Nathan, kira-kira mana yang terbaik???

Film Danur vs Dear Nathan
Film Danur vs Dear Nathan

Film Danur vs Dear Nathan, kedua film anak negeri yang tampil menggebrak di awal tahun 2017 ini. Keduanya sama-sama meraih minat banyak penonton, manakah yang terbaik?


Film Danur: I Can See Ghosts


Film Danur: I Can See Ghosts mendapat sambutan yang begitu meriah dari para penontonnya. Film ini berhasil memecahkan rekor film horor dengan pemirsa terbanyak di hari pertama perilisan. Film arahan sutradara Awi Suryadi ini resmi dirilis pada 30 Maret 2017 kemarin, dan langsung mendapat sambutan sebanyak 80.175 orang di hari pertama penayangan!!! Wow sebuah sejarah baru langsung dicetak di hari pertama oleh film ini dalam sejarah perfilman horor Indonesia.

Film Danur: I Can See Ghosts
Film Danur: I Can See Ghosts

Salah satu hal yang unik dan menarik dari film ini adalah karena film ini disebut-sebut diangkat dari kisah nyata dan dibuat filmnya disaat pelaku asli masih hidup. Ya, wanita dibalik film Danur ini adalah Risa Saraswati, seorang Indigo yang sejak kecil telah memiliki ke-5 teman gaib yang kini diabadikan dalam sebuah film itu.

Asal mula kata "Danur" juga berawal dari persahabatan Risa dengan ke-5 teman gaibnya ini. Disebutkan dalam salah satu novel yang ditulis oleh Risa, bahwa sejak kecil ia memang tidak mempunyai banyak teman dan seringkali kesepian. Tapi akhirnya ia bersahabat dengan 5 orang anak Belanda yang sering bahkan rajin mengunjunginya di rumahnya. Akan tetapi yang membuat Risa bingung adalah setiap kali mereka bertemu, Risa selalu mencium bau busuk. Nah, bau busuk inilah yang disebut dengan Danur. Kata "Danur" sendiri berarti air berbau busuk yang keluar dari jenazah. ^_^!

Dari segi perolehan film hingga 4 Maret ini, yang artinya setelah 6 hari tayang di bioskop, film Danur telah memperoleh penonton sebanyak 637.472 penonton. Wow, luar biasa sekali bukan!!!


Film Dear Nathan


Film Dear Nathan, sebuah kisah romansa SMA tapi bukan kisah SMA biasa. Film ini terasa begitu realistis karena tak hanya mengangkat kisah romansa SMA semata akan tetapi juga mengambil kisah keluarga (kehidupan sepulang sekolah). Kedua hal tersebut adalah hal yang lumrah terjadi di kalangan anak SMA. Dan itulah yang membuat film ini terasa mengena dan begitu realistis.

Film Dear Nathan
Film Dear Nathan

Seperti halnya film Danur yang diangkat dari sebuah novel, film Dear Nathan inipun juga diangkat dari sebuah novel berjudul sama karya penulis muda Erica Febrianti (19 Tahun). Kesuksesan film ini tentu menjadi kado terindah baginya di momen ulang tahunnya yang ke-19 pada tanggal 25 Maret 2017 lalu. Novelnya ini pada awalnya hanyalah keisengan Risa menulis cerita di Wattpad, sebuah platform untuk menulis, dan secara mengejutkan tulisannya dibaca oleh 20,8 juta orang yang sebagaian besar anak SMA.

Tak hanya karena diangkat dari sebuah novel best seller yang membuat film Dear Nathan ini memiliki banyak penggemar yang menunggu perilisannya, dari segi jajaran pemain-pun film ini menawarkan para pemain muda yang sebagian besar merupakan pendatang baru di dunia perfilman. Hal itu membuat film ini terasa fresh bagi para pecinta film Indonesia.

Dua aktor pendatang baru Amanda Rawles dan Jefri Nichole langsung didapuk menjadi pemeran utama. Akan tetapi, meskipun tergolong aktris pendatang baru, duet mereka di film ini sukses membuat para penonton jatuh masuk ke dalam cerita. Salah satu momen terbaik dari film ini adalah di saat Salma akhirnya membuka hati kepada Nathan yang sejak awal memang berusaha untuk mendekati Salma. 

Tak hanya sampai disitu, permasalahan keluarga yang dihadapi oleh Nathan kemudian membuat mereka berdua menjadi sulit untuk bertemu. Disitulah kemudian ada adegan dimana Salma kemudian menulis surat kepada Nathan. Disitulah para penonton diajak untuk baper bersama. T_T.

Dari segi jumlah penonton, film ini masih kalah dari Danur. Terbukti setelah 13 hari tayang di bioskop, film ini mendapat jumlah penonton sebesar 607.940 orang. Pun begitu perolehan film ini sejauh ini termasuk ke dalam salah satu film Indonesia yang ditonton terbanyak di 2017 ini, hanya kalah dari Surga Yang Tak Dirindukan 2, London Love Story 2, Promise dan Danur.


Kesimpulan


Jika dilihat dari jalan cerita, well ini hanyalah soal selera. Film Danur menjadi primadona di genre-nya yaitu film horor, begitu pula film Dear Nathan yang menjadi film yang digemari di kalangan pecinta film bergenre drama romantis.

Dari segi jumlah penonton, kedua film ini telah berhasil menyentuh angka 600 ribu lebih. Dari segi jumlah penonton Danur jelas unggul, apalagi hari ini baru hari ke-6 film ini tayang di bioskop. Akan tetapi kalau kita lihat secara keseluruhan, kedua film ini jelas masih tidak bisa disebut sebagai film dengan penonton yang fantastis, karena kalau kita ingat pencapaian Warkop DKI Reborn (2016) yang menembus angka 6,8 juta penonton, atau Laskar Pelangi (2008) dengan 4,7 juta penontonnya, atau yang terbaru misal AADC 2 (3,6 juta), Cek Toko Sebelah (2,6 juta), dan Hangout (2,6 juta), tentu film Danur dan Dear Nathan ini masih belum "ada apa-apa nya".

(detikbaru.com)

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar